PEMODELAN POLINOMIAL KECEPATAN KENDARAAN RINGAN PADA BUNDARAN

Haryo Koco Buwono, Andika Setiawan, Octavia Damarwulan

Abstract

Pada geometrik jalan khususnya di bundaran belum adanya standar kecepatan kendaraan. Pada tujuan penelitian ini untuk mendapatkan kecepatan kendaraan dengan kondisi sebelum masuk ke bundaran. Kecepatan kendaraan di jalur bundaran dan kecepatan kendaraan setelah keluar bundaran juga menjadi tinjauan dari penelitian. Dengan data tersebut akan dibuat pemodelan polinomial untuk mengetahui rumus dan untuk digunakan pada bundaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan dengan 3 titik survei yaitu pada lurus sebelum bundaran, di jalur bundaran dan lurus setelah bundaran. Data yang dikumpulkan pada setiap titik survei tersebut sebanyak 100 kendaraan. Untuk keseluruhan data tersebut dilakukan pengujian dengan standar deviasi dan kurva normal. Data yang telah dilakukan dengan kedua pengujian tersebut setelahnya dilakukan pemodelan dengan polinomial. Hasil dari pengujian polinomial pada kecepatan rata-rata kendaraan lurus sebelum bundaran didapat 11,62 km/jam dengan pemodelan matematika y = 0,0697x2 - 0,4063x + 12,761. Sedangkan untuk kecepatan rata-rata kendaraan di jalur bundaran didapat 12,04 km/jam dengan pemodelan matematika y = 3,0065x2 – 11,507x + 21,027. Untuk kecepatan rata-rata kendaraan lurus setelah bundaran didapat 22,56 km/jam dengan pemodelan matematika y = 0,2318x2 – 0,4571x + 22,391.

Full Text:

PDF

References

Suh, W., Kim, J. I., Kim, H., Ko, J., & Lee, Y.-J. (2018). Mathematical Analysis for Roundabout Capacity.

Setiawan, A. (2021a). Optimalisasi Kecepatan Kendaraan Di Bundaran HI Menggunakan PTV VISSIM Dengan Electronic Road Price (ERP). Majalah Lintas, 176–179.

Setiawan, A. (2021b). Proyeksi Kinerja Tundaan Pada Bundaran Monumen Selamat. Jurnal Konstruksia, 13(1), 128–136.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/ag.v7i1.13297
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30651/ag.v7i1.13297.g4965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.