KINERJA SIMPANG SOEKARNO HATTA – PROJAKAL TERKAIT PEMBANGUNAN IBUKOTA BARU DI KALIMANTAN TIMUR

Adhi Muhtadi, Rudy Santosa

Abstract

Rencana Ibukota baru adalah di Provinsi Kalimantan Timur. Provinsi Kalimantan Timur hingga saat ini mempunyai 2 kota yang sangat penting yakni Balikpapan dan Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pertumbuhan lalu lintas akibat adanya Ibukota Indonesia yang baru yakni di Kab.Kutai Kertanegara dan Kab. Penajam Paser Utara. Lokasi simpang yang sangat penting untuk ditinjau adalah Simpang Jl. Soekarno Hatta – Jl. Projakal. Simpang tersebut akan ditinjau dari sisi geometrik, hambatan samping dan kinerja operasinya hingga Tahun 2026. Simpang ini sangat penting karena menghubungkan Kota Balikpapan dan Kota Samarinda pada jalan arteri nasional selain jalan tol. Langkah-langkah yang ditempuh adalah melakukan survey geometrik, hambatan samping dan survey lalu lintas pada Simpang Soekarno Hatta – Projakal tersebut. Setelah dilakukan survey, maka langkah selanjutnya adalah melakukan prediksi pertumbuhan kendaraan bermotor hingga Tahun 2026. Setelah mengetahui pertumbuhan kendaraan bermotor, maka dilakukan perhitungan kinerja simpang tidak bersinyal Jl. Soekarno Hatta – Jl Projakal. Hasil analisis diketahui bahwa bilai derajat kejeneuhan sudah melebihi 1,0 pada Tahun 2021 dan 2026. Sehingga diperlukan upaya-upaya peningkatan perbaikan kinerja simpang tersebut di masa yang akan datang. 

Full Text:

PDF

References

Ansusanto, J.D., dan Tanggu, S. (2016).”Analisis Kinerja dan Manajemen pada Simpang dengan Derajat Kejenuhan Tinggi”. Jurnal Dinamika Rekayasa, Vol. 12, No. 2, Hal. 79-86. Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah.

Badan Pusat Statistik (2019). “Kota Balikpapan Dalam Angka Tahun 2019”.

Badan Pusat Statistik (2020). “Kota Balikpapan Dalam Angka Tahun 2020”.

Badan Pusat Statistik (2021a). “Provinsi DKI Jakarta Dalam Angka Tahun 2021”.

Badan Pusat Statistik (2021b). “Provinsi Kalimantan Timur Dalam Angka Tahun 2021”.

Badan Pusat Statistik (2021c). “Kota Balikpapan Dalam Angka Tahun 2021”.

Cahyono, M.S.D., Muhtadi, A. & Wibisono, R.E. (2019).”Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal di Simpang Mengkreng Untuk Perencanaan Jalan Tol Kertosono – Kediri”. Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, Vol. 2, No. 2, Hal. 51-56, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya.

Grafis.tempo.co (20 Januari 2022). “RUU IKN Ibu Kota Negara Baru Dinamai Nusantara”. Diakses pada 19 Pebruari 2022.

Hadi, F. dan Ristawati, R. (2020), “Pemindahan Ibukota Indonesia dan Kekuasaan Presiden Dalam Perspektif Konstitusi”. Jurnal Konstitusi Vol 17, No.3, September 2020, Hal. 520-557, Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

Hendarsin, S.L. (2000). Perencanaan Teknik Jalan Raya, Bandung: Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bandung

Jeniawati, D.T. (2019). “Analisis Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur”. Departemen Ekonomi, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Kompas.com (14 Maret 2022). “ASN Berkulalifikasi Pindah Pertama ke IKN Nusantara”. Diakses pada Tanggal 17 Maret 2022. Sumber: https://www.kompas.id/baca/polhuk/2022/03/13/asn-berkualifikasi-pindah-pertama-ke-ikn-nusantara

Silalahi, S.A.F. (2019).”Dampak Ekonomi dan Resiko Pemindahan Ibu Kota Negara”. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Vol. XI, No. 16, Agustus 2019.

Swerod dan Bina Karya (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia., Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Bina Jalan Kota, Jakarta.

Tiwari, Geetam (2006), Urban Passenger Transport: Framework for an Optimal Modal Mix, New Delhi: Asian Development Bank, India Resident Mission (INRM)

Tomtom.com (2021). Tomtom Traffic Index Ranking 2021, diakses 10 Pebruari 2022.

Wibisono, R.E., Muhtadi, A., & Cahyono, M.S.D (2019).”Kajian Analisis Simpang Bersinyal di By Pass Krian Untuk Perencanaan Pelebaran Jalan dan Fly Over”. Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, Vol. 2, No. 1, Hal.9-15, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya.

Yuliani, A.R. dan Mulyaningrum, F.T. (2014).”Evaluasi Kinerj Operasional dan Usaha Penanganan Kemacetan Lalu Lintas pada Simpang Ring Road Utara Jl. Kaliurang Sleman di Yogyakarta”. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/ag.v7i1.12618
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30651/ag.v7i1.12618.g4961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.